Mie Aceh Seulawah : Kelezatan Pedas dari Tanah Serambi Mekkah


Mie Aceh Seulawah, diadaptasi dari kata “Seulawah” yang berarti gunung emas, salah satu gunung berapi yang masih aktif di Aceh. Siapa sangka, mie Aceh merupakan akulturasi budaya dari berbagai negara. Kaldu dari Mie Aceh merupakan pengaruh dari masakan India, dan mie nya merupakan pengaruh dari budaya Tiongkok. Proses perpaduan budaya ini menghasilkan kuliner yang menjadi salah satu kuliner khas, yakni Mie Aceh.

Salah satu hal yang membuat Mie Aceh Seulawah begitu istimewa adalah tingkat kepedasannya yang dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Dari tingkat kepedasan yang ringan hingga ekstra pedas, penggemar mie ini dapat menyesuaikan rasa sesuai dengan preferensi mereka. Biasanya, mie disajikan dengan daging sapi atau kambing yang dimasak dalam kuah kental yang kaya akan rempah. Selain itu, hidangan ini juga sering dihiasi dengan irisan daun bawang, tauge, dan bawang goreng, memberikan tambahan tekstur dan cita rasa yang segar. Kombinasi kuah yang kaya dan mie yang kenyal menjadikan Mie Aceh Seulawah sebagai hidangan yang memanjakan lidah dan menyenangkan pecinta kuliner.

Jika kamu mencari hidangan yang menggugah selera dengan sentuhan pedas yang kuat, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba Mie Aceh Seulawah legendaris ini yang hadir di Kampung Tempo Doeloe 2023. Pantau terus informasi terbarunya di Instagram @jf3_foodfest.